Subscribe:

Senin, 19 Desember 2011

Sejarah Emosikon

Mungkin bagi anda sudah tidak asing lagi mendengar kata "emosikon", bahkan mungkin anda sudah sering menggunakannya saat hendak mengekspresikan perasaan anda. Namun apakah anda sudah mengetahui sejarah dari lahirnya emosikon ini? Untuk itu saya akan sedikit mengulas tentang sejarah lahirnya emosikon.
Emosikon adalah sebuah simbol atau kombinasi dari simbol-simbol yang biasanya digunakan untuk menggambarkan ekspresi wajah manusia yang mengandung emosi atau perasaan dalam bentuk pesan atau tulisan. Kata “emosikon” ini sebenarnya secara etimologi merupakan gabungan dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu emotion, yang berarti emosi, dan icon, yang berarti simbol. Emosikon biasa digunakan pada teks pesan singkat, e-mail, maupun pada forum-forum internet, seperti chat-rooms maupun blog. Emosikon diciptakan sebagai kompensasi dari ketidakmampuan penyampaian nada suara, ekspresi muka, maupun gestur badan dalam komunikasi tertulis.
Sebenarnya seiring dengan semakin populernya emosikon, banyak pihak yang kemudian saling mengklaim dirinya sendiri sebagai pencipta ataupun pengguna pertama dari emosikon.
25 tahun yang lalu, Profesor Scott Fahlman dari Universitas Carnegie Mellon adalah penemu simbol yang pastinya sudah sangat kita kenal seperti “:-)”, “:-(“, “” dan lainnya.
Pertama kali, Profesor Scott membuat emoticons di salah satu buletin elektronik (Electronic Bulletin) pada tanggal 19 September 1982 pada jam 11:44.

 

Tapi sejarah emoticon pada awalnya diterbitkan pada kisaran tahun 30 Maret 1881 oleh majalah majalah Amerika Puck.


Nah itu tadi singkat sejarah dari lahirnya emosikon. Walaupun nggak seberapa penting, tapi lumayan lah untuk menambah pengetahuan. Semoga bermanfaat. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar