Subscribe:

Minggu, 18 Desember 2011

Kuliner Enyak @.@

Kuliner khas Surabaya itu apa saja sih??
Mungkin anda yang bukan asli orang Surabaya sering bertanya-tanya tentang hal tersebut. Saya pun juga demikian, meskipun saya orang Surabaya tapi saya tidak mengetahui dengan pasti apa saja kuliner khas Surabaya. Pepatah mengatakan " tak kenal maka tak sayang" untuk itu, yuk mari kita kenali apa saja sih kuliner khas Surabaya, biar kita semakin mencintai kota Surabaya :)

1. Rujak Cingur
Surabaya terkenal dengan rujak cingurnya. Meskipun tampilannya tidak menarik, namun makanan ini cukup digemari oleh masyarakat karena cita rasanya yang khas. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, krai (sejenis ketimun khas Jawa Timur),bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang.
Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diuleg, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak uleg.
Dalam penyajiannya rujak cingur dibedakan menjadi dua macam, yaitu penyajian ‘biasa’ dan ‘matengan’ (menyebut huruf e dalam kata matengan seperti menyebut huruf e dalam kata: seperti/menyebut/bendoyo). Penyajian ‘biasa’ atau umumnya, berupa semua bahan-bahan yang telah disebutkan diatas, sedangkan ‘matengan’ (matang, jawa) hanya terdiri dari bahan-bahan matang saja; lontong, tahu goreng, tempe goreng, bendoyo (krai yang digodok) dan sayur (kangkung, kacang panjang, tauge) yang telah digodok. Tanpa ada bahan ‘mentah’nya yaitu buah-buahan, karena pada dasarnya ada orang yang tidak menyukai buah-buahan. Keduanya memakai saus/bumbu yang sama.

2. Semanggi
Makanan satu ini cukup terkenal karena ada lagu daerah yang mengangkat nama makanan ini. Semanggi adalah daun tumbuhan yang biasa dijadikan sebagai bahan makanan dan dikenal sebagai pecel semanggi. Bumbunya sangat sederhana, terdiri dari ubi jalar, kacang tanah, dan gula jawa. Bumbunya yang enak ini membuat aroma dan rasa semanggi semanggi lezat.

3. Lontong Balap
Sama seperti semanggi, lontong balap terkenal karena namanya diangkat oleh lagu daerah Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal. Lontong balap biasanya didominasi oleh tauge.

4. Lontong Kupang
Lontong kupang ini termasuk makanan faforit saya, rasanya begitu enak, perlu untuk dicoba. Bahan utama yang digunakan adalah “Kupang” yaitu hewan laut semacam kerang, bentuknya kecil.Tambah nikmat jika ditambah dengan sate kerang.

5. Rawon
Adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Makanan ini merupakan makanan favorit ayah saya.

6. Soto Madura
Seperti namanya, makanan ini berasal dari Madura, Jawa Timur. Berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan bumbu ketumbar, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunir, laos, Kemiri, jeruk purut, dan garam secukupnya.

7. Tahu Tek
Tahu Tek terdiri atas tahu goreng setengah matang yang dipotong kecil-kecil dengan gunting, kentang goreng setengah matang, taoge, irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar) dan kerupuk udang. Semua itu kemudian disiram dengan bumbunya yang terbuat dari petis, air matang secukupnya (jangan sampai terlalu encer), kacang tanah, cabe dan bawang putih.

8. Sop Kikil
Makanan ini bahan utamanya adalah daging sapi yang berurat (biasanya bagian kaki), sehingga ketika dimakan dagingnya terasa kenyal. Kuahnya merupakan kaldu dari daging tersebut, dicampur dengan kunir, sereh, bawang goreng dan bumbu lainnya. Makanan ini disajikan panas dan lebih nikmat dicampur jeruk nipis dan sambal sesuai selera.

1 komentar: