Subscribe:

Senin, 05 Desember 2011

PATRIOT (Prestatif, Aktif, Tanggap, Kritis, Visioner, Tanggungjawab)


Prestatif berasal dari kata Prestasi, ini menunjuk pada hasil yang bagus. Sedangkan akhiran 'if' menujuk kata sifat, berarti arti kata prestatif adalah membawa sifat hasil yang bagus atau baik.
Aktif adalah giat, baik dalam bekerja ataupun berusaha. Dinamis atau bertenaga, serta mampu beraksi dan bereaksi.
Tanggap adalah cepat dapat mengetahui dan menyadari gejala yang timbul, segera mengetahui (keadaan) dan memperhatikan sungguh-sungguh
Kritis adalah tajam dalam penganalisisan, bersifat selalu berusaha menemukan kesalahan atau kekeliruan, bersifat tidak lekas percaya.
Visioner adalah orang yg memiliki khayalan atau wawasan ke depan.
Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan), atau Huk fungsi menerima pembebanan, sebagai akibat sikap pihak sendiri atau pihak lain.
Apabila ke enam sikap tersebut dimiliki semua orang, khususnya mahasiswa, pastilah sangat baik, mengingat peran fungsi mahasiswa yaitu Iron Stock, Moral Force, Agent of Change dan Social Control. Seorang mahasiswa haruslah bertanggung jawab, dimana sebagai manusia tingkat intelektualnya tertinggi tentu saja harus memiliki tanggung jawab yang tinggi untuk bangsa dan negara. Namun sebelum seorang mahasiswa mampu bertanggung jawab kepada bangsa dan negara, ia harus mampu bertanggung jawab atas perilaku dirinya sendiri, harus mampu memanajemen dirinya sendiri dengan baik, serta mengetahui dimana kelebihan dan kekurangannya. Apabila bertindak haruslah dimengerti betul apa saja resikonya, karena apabila terdapat hal-hal yang tidak di inginkan, akan siap untuk mempertanggung jawabkannya, karena berani berbuat tentu saja harus berani bertanggung jawab sehingga kita sebagai seorang manusia dapat dipercaya oleh orang lain.
Seorang mahasiswa harus visioner. Seorang mahasiswa harus bepandangan kedepan, dan mengaplikasikannya tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan untuk negara dan masyarakat. Sehingga apabila seorang mahasiswa bermimpi untuk memajukan negeri ini, berkeinginan kuat untuk membenahi negeri ini kearah yang lebih baik, akan direalisasikan dalam kehidupan nyata.
Seorang mahasiswa haruslah kritis melihat suatu permasalahan. Seorang mahasiswa tidak boleh melihat permasalahan secara subjektif, melainkan harus objektif dan tidak gegabah, mengingat mahasiswa adalah seseorang berintelektual. Akan sangat mengecewakan dan sangat memalukan apabila seoarang yang katanya berpendidikan tinggi namun tidak dapat menyikapi suatu permasalahan dengan bijak.
Mahasiswa juga harus tanggap, menyadari peran dan fungsinya sebagai mahasiswa, sehingga apabila terjun didalam masyarakat haruslah mengerti dimana posisinya serta bagaimana cara berperilaku. Tidak hanya mengerti keadaan saja, melainkan harus peduli, memikirkan bagaimana mengatasi permasalahan.
Mahasiswa harus prestatif. Dikatakan mahasiswa karena memiliki kesempatan untuk bersekolah sampai kejenjang yang tertinggi, sehingga sangat disayangkan apabila tidak mampu mengukir prestasi-presatasi.
Mahasiswa juga haruslah aktif, aktif dalam arti ikut serta dalam memajukan negeri ini. Cara memajukan negeri ini sangat banyak, tidak perlu menjadi pemimpin dulu baru memajukan negeri ini. Seorang mahasiswa bisa ikut memajukan negeri ini dengan aktif dalam berorganisasi, aktif dalam ilmu pengetahuan, seperti menjuarai berbagai olimpiade sehingga dapat mengharumkan negeri ini, serta turut aktif dalam pemerintahan, mengingat mahasiswa adalah penyambung lidah dari masyarakat serta pemerintah. Namun sebagai penyambung lidah dari keduanya, mahasiswa harus netral, tidak memihak salah satunya, serta harus kritis dan bijaksana. Tidak hanya mengkritisi saja, sebagai mahasiswa tentunya harus dapat berpartisipasi atau menuangkan idenya untuk menanggulangi permasalahan yang ada.
Ke enam sifat tersebut sebenarnya saling berhubungan, sebagai manusia kita diciptakan untuk saling peduli, kritis dengan suatu permasalahan dan tanggap dengan keadaan sekitar. Tentunya kita membutuhkan orang lain dalam hidup ini, sehingga kita harus saling bekerja sama, menjadi sosok yang mengerti dan dapat memposisikan dirinya sebaik mungkin. Sebagai manusia kita juga harus visioner, berpandangan kedepan, karena segala sesuatunya harus dirancang sedini mungkin, agar terstruktur dengan baik dan dengan rancangan tersebut, kita dapat termotivasi untuk menjadikan diri kearah yang lebih baik. Kita harus berperan aktif dan prestatif. Tentunya dalam hidup kita tidak bisa hanya pasrah saja, kita harus aktif berusaha mengoptimalkan segala potensi yang kita miliki, untuk kepentingan pribadi dan untuk kepentingan semua orang. Pastinya kita juga ingin mencetak prestasi-prestasi yang membanggakan untuk diri sendiri dan orang lain, untuk itu optimalkanlah potensi-potensi yang kamu miliki, serta berperan aktiflah dalam hidupmu, dan tentu saja, jadilah sosok yang bertanggung jawab. Karena bagaimanapun seseorang yang bertanggung jawab akan disenangi banyak pihak dan dipercaya. Ini berlaku bukan hanya untuk mahasiswa saja, melainkan semuanya. Kita diciptakan oleh Tuhan untuk menjadi sosok yang berguna dan bertanggung jawab, maka optimalkanlah kelebihanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar