Subscribe:

Sabtu, 17 Desember 2011

Menulis dan Membaca

Menulis, apa si menulis itu? Menulis merupakan kegiatan manusia ketika hendak mengekspresikan atau menuangkan pikirannya dalam kalimat.
Dan apa itu membaca? Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis.
Lalu apakah kaitan antara keduanya?
Dengan menulis maka yang kita baca dapat tertuang dalam tulisan. Tentu menulis bukan hanya menulis di media cetak. Menuangkan pengalaman, pengamatan, kesan dan renungan dalam buku harian kemudian disimpan juga sudah termasuk menulis. Apabila anda ingin menjadi seorang penulis tapi tidak gemar membaca, sama saja bohong. Dengan membaca kita akan mendapatkan banyak informasi yang dapat kita kembangkan menjadi tulisan. Sebuah tulisan takkan mempunyai ruh jika kita tak punya banyak pengetahuan, baik tentang tema yang digarap maupun cara penggarapan temanya, sedangkan pengetahuan di dapatkan dengan membaca. Selain itu apabila kita membaca suatu informasi yang dirasa penting, apabila tidak kita abadikan dengan menuangkannya kedalam bentuk tulisan, kita akan mudah melupakan informasi itu, sehingga dapat dikatakan juga menulis adalah reminder untuk apa saja informasi yang kita dapatkan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa membaca dan menulis adalah sangatlah dekat kaitannya, bak sepasang kekasih yang tidak bisa dipisahkan. Jadi banyak-banyak membaca agar pengetahuanmu tidak pernah habis dan rajin-rajinlah menulis agar informasi yang kamu dapat tidak mudah tergerus oleh waktu.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar