Subscribe:

Senin, 12 Desember 2011

DanBo (Daun Bamboe)

Saat pembuatan PKM aku dan teman-teman sekelompokku membuat PKM-K dengan menggunakan bahan dasar daun bambu. Mulanya temanku tidak sengaja mengetahui manfaat dari daun bambu, sehingga tercipta ide untuk membuat inovasi makanan berbahan dasar daun bambu.
Sekedar informasi saja dan berbagi pengalaman, kelompok kami membuat keripik DanBo sebagai inovasi dari kekhasiatan daun bambu. Mulanya kita ragu, karena produk ini benar-benar baru, dan kami tidak tau menau daun bambu apa yang baik digunakan. Sampai akhirnya kami meminta bantuan teman dari jurusan biologi untuk mengetahui daun bambu yang banyak mengandung khasiat dan bagaimana cara mengolah yang baik.

Sementara daun bambu sendiri berkhasiat untuk :
1. Ekstrak daun bambu sehatkan jantung
2. Turunkan panas, lancankan air seni
3. Atasi asam urat

Daun bambu yang banyak mengandung khasiat adalah jenis bambu kuning.
Saat kami memprosesnya, tentu saja banyak sekali kesulitan yang kami temui. Pertama kami kesulitan menemukan jenis bambu kuning. Daun bambu sangat bermanfaat ketika diekstrak dan airnya yang dikonsumsi, namun jika kami hanya mengolah ekstraknya saja, tidak ada unsur daun bambunya, yang menonjol hanya tepung dan bumbu. Sementara apabila kami mencampur daun kedalam adonan, teksturnya akan seperti rmput yang digoreng, kasar. Kami tidak pantang menyerah, karena sesungguhnya, kami hanya ingin memanfaatkan dan mengeksplor kelebihan dari daun bambu sendiri yang selama ini tidak banyak yang tau akan manfaat dari daun bambu. Semoga dengan tulisan ini anda akan lebih mengetahui khasiat dari daun bambu :)

7 komentar:

  1. Jangan dibuat keripik deh, tampangnya kurang menyehatkan..

    BalasHapus
  2. ntar kalau dimakan terus meninggal gimana??

    BalasHapus
  3. sudah kami coba, dan alhamdulilah sampai sekarang sehat :)

    BalasHapus
  4. hahaha...
    jd senyum2 ndri klo ingt dgn eksperimen qt yg pertama...
    XP

    BalasHapus
  5. iya mas.hehe mk ny ak terinspirasi dari situ

    BalasHapus
  6. pkmnya ini yang pimnas dijogja itu ya ?bagus2 tulisanmu...:)

    BalasHapus