Subscribe:

Minggu, 18 Desember 2011

Matematika Diskrit

Sedikit ingin bercerita tentang salah satu mata kuliah di jurusan Sistem Informasi ITS. Adalah Matematika Diskrit atau yang lebih akrab disebut MatDis, mata kuliah ini di ajarkan pada mahasiswa semester satu. MatDis adalah mata kuliah yang mempelajari tentang obyek-obyek diskrit.Diskrit itu sendiri adalah sejumlah berhingga elemen yang berbeda atau elemen-elemen yang tidak bersambungan. Dimana data diskrit merupakan data yang satuannya selalu bulat dalam bilangan asli, tidak berbentuk pecahan, Contoh dari data diskrit misalnya manusia, pohon, bola dan lain-lain.
Menurut dosen saya, matdis adalah pondasi cara berpikir kita, dimana seorang mahasiswa IT logikanya harus benar-benar berjalan.
Yang saya herankan, sebagian besar yang diajarkan pada mata kuliah ini sebenarnya sudah diajarkan pada saat di SMA, hanya saja lebih kompleks masalah yang dipelajari. Namun mengapa bukan hanya saya yang kesulitan, melainkan banyak teman-teman yang juga kesulitan dengan mata kuliah ini?? Bahkan meskipun mata kuliah ini sebenarnya mata kuliah yang menyenangkan, namun mata kuliah ini menjadi "momok". Sebenarnya apa yang salah?
Khusus buat temen-temen SI ITS 2011, waktunya buat kita intropeksi :)
Tetep semangat dan banyak-banyak berlatih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar