Subscribe:

Jumat, 04 Januari 2013

Windows 8

Satu lagi versi dari Windows yang masih hangat-hangatnya diperbincangkan orang. Windows 8. Dengan tampilan seperti ubin, OS ini terlihat sangat unik, berbeda dari tampilan windows pada umumnya.
Karena bentuknya yang seperti ubin, Windows 8 tidak bisa langsung boot ke dekstop, namun tampilan yang menyerupai sekelompok ubin tersebut dapat kita gerakkan, atur ukurannya, dan kelompokkan sesuai dengan keinginan kita.

OS ini memiliki 4 versi, yaitu :


  1. Windows 8 : ditujukan untuk segmen pasar rumah dengan fitur dasar Windows dan fitur baru (Start screen with semantic zoom, Live tiles, Windows Strore, Internet Explorer 10, Connected Standby, Microsoft account integration, Windows dekstop).
  2. Windows 8 Pro : ditujukan untuk segmen pasar pengguna bisnis dengan fitur semua Windows 8 dan fitur tambahan operasi sebagai server Remote dekstop, Encrypting file system, Hyper-V, dan Virtual hardisk boot, Group policy, serta Bitlocker dan Bitlocker To Go.
  3. Windows 8 Enterprise : memberikan semua fitur Windows 8 Pro (kecuali kemampuan untuk menginstal Windows Media Center add-on), dan fitur tambahan untuk membantu organisasi TI.
  4. Windows RT : versi ini tidak bisa di instal sendiri, karena sudah dipaketkan kedalam Tablet PC dengan mesin ARM.

Untuk menginstal OS ini, prosesor komputer atau PC anda minimal harus berkecepatan 1 GHz. Untuk versi 32 bit, gunakan RAM minimal 1 GB, dan untuk versi 64 bit, gunakan RAM sebesar 2 GB. Anda juga harus menyediakan ruang kosong sebesar 16 GB untuk versi 32 bit, dan 20 GB untuk versi 64 bit.

Selain memiliki tampilan yang berbeda dari Windows sebelum-sebelumnya, pada Windows 8 juga terdapat fitur baru, diantaranya :
  1. Windows Store
    Dengan adanya Windows Store ini, kita bisa belanja games, lagu, vidio, dsb. Namun harus memiliki akun terlebih dahulu.
  2. SkyDrive
    Sekarang kita bisa menyimpan dokumen atau apapun di awan berkap aplikasi SkyDrive ini. Tentunya kita harus memiliki akunnya terlebih dahulu.
  3. History Vault
    Merupakan backup otomatis dari file dan dokumen dan memungkinkan untuk pengguna memilih versi sebelumnya dari file berdasarkan waktu.
  4. Antivirus yang diintegrasikan dengan Windows Defender
    Sekarang sudah tidak perlu lagi menginstal antivirus dari pihak ke 3, microsoft sudah mengintegrasikan Microsoft Security Essentials denagn Windows Defender.
Adapun kekurangan dan kelebihan dari OS ini, yaitu :
Kelebihan :


  1. Wktu boot yang singkat
  2. Mendukung chip ARM, dengan ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di area tablet.
  3. Mendukung NFC (Near Field Communications), yaitu merupakan teknologi yang berguna untuk transaksi keuangan digital.

Kekurangan :
  1. Sulit berpindah antar screen
  2. Tidak ada opsi mengubah tiles menjadi icons, ukuran tiles terkecil masih terlalu besar, shingga akan terlihat semrawut bila menginstal banyak aplikasi
  3. Berpindah dari aplikasi metro dan aplikasi dekstop sangat sulit dilakukan

-Trigati Widyandari-
5211100051

Tidak ada komentar:

Posting Komentar